Back To Top

Sabtu, 23 Januari 2016

Empat Unsur Baru Lengkapi Baris ke-7 Tabel Periodik Kimia

Tabel periodik mendapat tambahan empat anggota baru. Ini merupakan penambahan unsur baru setelah masuknya elemen 114 dan 116 pada 2011. “Komunitas kimia sangat bersemangat mengetahui tabel ini akhirnya berhasil dilengkapi hingga baris ketujuh,” kata Jan Reedijk, Presiden Divisi Kimia Anorganik International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC), seperti dilansir Guardian, Senin, 4 Januari 2016.

Keempatnya baru diverifikasi pada 30 Desember 2015 sebelum secara resmi masuk ke tabel periodik. Tiga elemen pertama, yakni 115, 117, dan 118, ditemukan tim gabungan peneliti Rusia dan Amerika dari Institut Penelitian Nuklir di Dubna, Rusia, dan Laboratorium Nasional Lawrence Livermore di California. Elemen selanjutnya, 113, ditemukan peneliti Jepang.

Keempatnya, yang merupakan unsur buatan manusia, ditemukan dengan membenturkan unsur nuklei ringan dan mengikuti jejak persebaran radioaktif dari elemen superberat. Seperti elemen berat lain yang berada di bagian akhir tabel periodik, mereka hanya ada selama beberapa detik sebelum berubah menjadi elemen lain lagi.

Saat ini elemen tersebut masih disebut dengan kode angka, seperti ununtrium, (Uut atau elemen 113), ununpentium (Uup, elemen 115), ununseptium (Uus, elemen 117), dan ununoctium (Uuo, elemen 118). Namun para penemunya mendapat hak istimewa untuk memberi nama dalam bulan-bulan ke depan. Elemen 113 sekaligus menjadi unsur pertama yang dinamakan di Asia. Nama bisa berasal dari barang, mineral, atau tempat yang berkesan bagi penemu.

Kosuke Morita, kepala tim peneliti dari Riken, Jepang, menuturkan timnya terus melanjutkan penelitian unsur yang terletak di atas teritori elemen 119. “Pencapaian ini sangat membanggakan, lebih daripada mendapatkan medali emas di Olimpiade,” katanya.


Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/01/empat-unsur-baru-lengkapi-baris-ke-7-tabel-periodik-unsur-kimia